Penyebab Laptop Sering Mati Sendiri Lengkap Dengan Solusinya

Laptop sering mati sendiri jadi masalah dan membuat pekerjaan terhambat. Hal ini tentu disebabkan oleh satu dan lain hal, namun terkadang kita tidak menyadari bahwa ada beberapa tindakan yang masih menjadi pemicu kerusakan tersebut.

Laptop menjadi sebuah alat yang memiliki manfaat sangat penting. Perangkat yang satu ini tidak hanya untuk bekerja saja. Namun juga berbagai kalangan mulai dari murid dan mahasiswa menggunakannya.

Maka dari itu, beberapa hal perlu kita perhatikan agar tidak menimbulkan kerusakan pada perangkat seperti ini. Karena tentu saja akan membuat pekerjaan terganggu.

Penyebab Laptop Sering Mati Sendiri

Bahasan berikut ini bisa menjadi ilmu baru mengenai apa yang terjadi pada laptop Anda. Langsung saja berikut ini beberapa kondisi yang membuat laptop mati dengan sendirinya.

Overheating

Secara garis besar biasanya kondisi ini terjadi karena penggunaan dalam waktu lama. Maka laptop akan memiliki suhu yang panas dan membuat kelelahan sistem operasinya.

Selain itu, hal ini terjadi karena ketika penggunaan laptop, kita meletakkannya di atas benda dengan permukaan yang mudah menyerap panas. Secara otomatis akan tambah memicu masalah tersebut bukan?

Pasta Prosesor Kering

Penyebab selanjutnya biasanya pada bagian dalam laptop ada yang bermasalah. Misalnya pasta prosesor yang mengering. Karena fungsi pasta untuk menghambat suhu mudah panas, maka bagian ini jadi hal penting.

Maka dari itu ketika laptop tiba-tiba mati sendiri bisa jadi komponen ini bermasalah. Pasta prosesor sendiri terbuat dari logam dan tembaga khusus, sehingga komponen ini penting sekali bagi laptop.

Kipas Pendingin Kotor

Penyebab laptop sering mati sendiri yang selanjutnya adalah bagian kipasnya kotor. Ketika kipas ini berputar tentu akan membuat kotoran lama kelamaan menumpuk. Oleh karena itu, kondisi laptop jadi mudah panas.

Trending :  7 Rekomendasi Aplikasi Menggabungkan Foto Terbaik

Kinerja dari kipas yang membantu menurunkan suhu otomatis tidak sebaik biasanya. Solusinya laptop perlu kita servicekan segera pada tenaga berpengalaman.

RAM Kotor

Tidak hanya kipas pendingin saja yang berpengaruh pada kenaikan suhu laptop. Namun dengan bagian RAM yang kotor ini, overheat akan terjadi semakin tinggi.

Tidak hanya laptop sering mati sendiri yang perlu dikhawatirkan, tapi masalah ini juga bisa membuat ngehang atau error. RAM bisa kotor karena usia laptop dan kita gunakan dalam waktu lama.

Oleh karena itu, bagian yang satu ini bisa saja kotor dan berdebu. Kita tahu bahwa fungsi RAM yang menjadi tempat penyimpanan segala file, maka dari itu, komponen ini sebaiknya segera diselamatkan agar tidak terjadi hal yang lebih buruk lagi.

Instal Aplikasi

Laptop bisa sering mati jika kita melakukan instal aplikasi. Terkadang karena belum selesai instal justru membuat laptop error dan mati sendiri.

Hal seperti ini tentu akan berbahaya bukan? Maka dari itu, sebaiknya kita segera menangani hal ini dan pastikan jika melakukan instal saat jaringan sedang stabil dan tidak membuat error sistem.

Solusi Agar Laptop Tidak Sering Mati

Nah setelah mengetahui beberapa penyebabnya kita jadi sedikit memiliki gambaran apa yang terjadi pada Laptop. Saat mengalami masalah seperti ini usahakan tidak perlu panik.

Tetap tenang dan selanjutnya berpikir jernih. Pertama coba cabut kabel charger dari laptop. Selanjutya baterai kita lepas dan case cover memori RAM. Baru kita lepaskan modul memori RAM.

Selanjutnya kita bisa cek bagian kipas pendingin, siapa tahu kotor. Jika tidak mau beresiko untuk membongkar sendiri, kita perlu ke tempat service langsung.

Jika laptop sering mati sendiri sebaiknya segera mendapat penanganan yang tepat dengan membawanya ke tempat service. Karena dikhawatirkan jika membongkar sendiri justru tidak bisa mengembalikan dan menambah kerusakan. Maka dari itu, usahakan untuk menghindari tindakan yang memicu hal ini terulang kembali.

Trending :  Cara Merawat HP Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak, Begini Langkahnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *