Bagaimana Cara Membaca Grafik Saham Bagi Pemula

Cara membaca grafik saham sangat penting diketahui bagi para investor atau bagi para pemula. Banyak sekali pemula yang belum tahu tentang cara membaca grafik saham. Padahal grafik saham adalah menampilkan perubahan saham secara nyata dalam kurang waktu.

Bentuk grafik saham sangatlah beragam, misalnya ada yang berbentuk garis, batang, maupun lilin. Grafik saham merupakan perangkat analisis yang powerful bagi para investor serta trader saham. Karena untuk mengetahui aktivitas atau kondisi pasar yang memprediksi pergerakan harga saham di masa yang akan datang.

Cara baca grafik saham, kalian harus memperhatikan penilaian arah pergerakan harga dan perhatikan arah pergerakan harga naik atau turun. Hal yang paling penting saat membaca grafik saham yaitu kerangka waktu.

Setelah memperhatikan hal tersebut, kalian barulah menelusuri arah trend pergerakan harga saham. Memilih saham yang tepat cukuplah sulit, terutama bagi para pemula yang ingin mulai mengembangkan atau menjalankan investasi saham.

Inilah Cara Membaca Grafik Saham yang Benar

Agar pilihan saham kalian tepat, kalian harus paham tentang membaca grafik saham. Dengan melihat grafik saham, investor dapat melihat gambaran kondisi pasar. Jadi kalian sebelum berinvestasi harus perlu belajar dalam tentang perusahaan.

Setelah mendalami pengetahuan barulah kalian mencoba berinvestasi dengan modal yang kecil dulu. Karena dalam berinvestasi ada kerugian dan keuntungan yang mengakhiri bisnis kalian. Membaca grafik saham dilakukan oleh beberapa orang yang sama, namun yang harus kalian perhatikan arah pergerakan turun naiknya harga saham kedepannya.

Membaca Time Frame dalam Sebuah Grafik Saham

Cara membaca grafik saham yang pertama kalian harus melakukan time frame harga dalam grafiknya saham. Time frame ini memperlihatkan berapa lama waktu histori pergerakan harga yang kalian pantau. Ada tiga jenis time frame yang sering dipergunakan para investor, yaitu time frame satu hari, satu minggu, dan satu bulan.

Trending :  Sumber Keuntungan Investasi Saham, Wajib untuk Dipahami

Time frame grafik saham ini sangat penting menentukan tren dan titik support-resisten dalam sebuah chart. Time frime dengan grafik panjang akan lebih jelas melihat pola grafik yang terbentuk. Pahamilah terlebih dahulu konsep time frame dan jenis time frame yang kalian gunakan.

Membaca Trend Harga dalam Sebuah Grafik Saham

Ada tiga jenis tren harga saham:

  1. Tren bullish: yaitu pergerakan harga yang mencetak rekor tinggi semakin lama, maka akan semakin tinggi
  2. Tren bearish: yaitu trend pergerakan harga uang mencetak harga rendah yang semakin lama akan semakin rendah
  3. Trend sideways: pergerakan harga yang naik-turun dalam satu kisaran terbatas sempit

Membaca Support-Resistance Harga pada Grafik Saham

Cara membaca grafik saham yang lainnya adalah dengan membaca support-resistance. Support resistance merupakan istilah merujuk harga penting yang harus dipahami para investor ketika ingin mempelajari membaca grafik saham.

Support adalah penanda batas harga dimana di masa lalu akan berbalik menurun akan menjadi naik. Sedangkan resistance merupakan penanda batas dimana harga akan cenderung berbalik naik menjadi turun.

Membaca Momentum Gerakan Harga pada Grafik Saham

Para investor serta trader menyukai grafik saham dalam candlestick, daripada garis ataupun batang. Ukuran candle memberikan momentum pergerakan harga dalam satu time frame. Semakin besar ukuran body, maka akan semakin kuat momentum pergerakan harga.

Tren bullish maupun bearish kemunculannya akan ditandai dengan ukuran yang besar. Jika ukuran bodynya kecil, berarti menandakan minimnya kekuatan seller and buyer sehingga mendorong haraga ke arah yang tegas.

Membaca Candlestick

Cara baca grafik saham yang terakhir yaitu dengan membaca candlestick. Candlestick menjadi salah satu cara baca grafik saham yang sangat sesuai atau mudah. Sebab pola-pola yang terdapat di sini memungkinkan akan menerima sinyal harga saham.

Trending :  Main Saham Dengan Mudah Cocok untuk Pemula

Sekian ulasan artikel ini tentang cara membaca grafik saham. Semoga bermanfaat bagi para investor atau trader.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *