Jenis-Jenis Saham Rekomendasi Untuk Para Pemula Pelajari

Jenis saham secara garis besar dibagi menjadi dua yang terkenal, yaitu saham biasa atau common stock dan saham preferen atau preferred stock. Namun ternyata masih ada berbagai jenis lain lagi.

Saham menjadi bahasa yang menarik belakangan ini. Para kawula muda bahkan sedang tertarik lebih dalam karena keuntungan yang bisa diraih dari hal ini.

Investasi sendiri berfungsi untuk menumpuk harta dengan memperoleh keuntungan. Kemudahan berinvestasi untuk dana yang seminimal mungkin jadi pertimbangan utamanya.

Maka dari sini pembahasan mengenai saham selalu menarik. Nah, coba simak pembahasan berikut ini untuk Anda.

Jenis-Jenis Saham Untuk Pemula Pelajari

Dalam berbagai jenisnya saham memiliki tujuan sama. Hanya saja, pembagian dan bentuknya yang berbeda-beda. Maka untuk membahasnya lebih jauh berikut ini untuk Anda.

Saham Biasa atau Common Stocks

Pertama kita membahas jenis ini, dengan klaim dari kepemilikan aktiva sebuah perusahaan. Jenis ini cenderung terbatas untuk pemilik atau pemegang sahamnya. Bahkan jika terjadi kejadian yang membuat perusahaan bangkrut, maka risiko terbesar ditanggung para pemegang sahamnya.

Saham Preferen atau Preferred Stocks

Sedangkan jenis ini merupakan gabungan dari saham biasa dan obligasi. Ketika memiliki saham jenis ini, maka kita bisa melakukan klaim dari keuntungan dan aktiva.

Maka untuk dividennya tetap selama masa berlaku tersebut dan terdapat hak tebus yang dipertukarkan convertible. Banyak yang memilih hal ini karena cenderung lebih stabil daripada jenis lainnya.

Blue Chip

Untuk jenis yang satu ini memiliki penggemar tidak kalah banyaknya. Karena reputasinya yang cenderung stabil dan konsisten dalam membayar dividen. Termasuk dalam pengelompokan saham segi kinerja perdagangan.

Counter Cyclical

Jenis saham yang satu ini jadi paling stabil menurut para pengamat. Ketika sebuah ekonomi bergejolak atau hal lainnya, maka harga tetap cenderung stabil. Karena kemampuan para emiten dalam mendapatkan penghasilan tinggi dalam masa resesi tersebut. Wajar jika jadi populer untuk berbagai kalangan.

Trending :  Cara Membeli Saham dengan Mudah Bagi Pemula

Growth Stocks

Sedangkan untuk jenis yang satu ini memiliki dua pembagian. Mulai dari well known dan lesser known, dua hal ini berbeda jauh.

Karena untuk well known pertumbuhan kepadatannya tinggi. Bahkan tingkatnya tinggi dalam industri, dengan reputasi baik sebuah perusahaan.

Lalu untuk lesser known merupakan jenis yang tetap. Sahamnya tidak sepopuler lainnya karena dalam perusahaan daerah daripada kalangan emiten.

Speculative Stocks

Sedangkan untuk yang ini memiliki daya tarik karena keuntungan yang mereka tawarkan tinggi. Pada masa depan yang belum tentu dan tidak konsisten perlu kita pertimbangkan.

Registered Stocks

Saham atas nama ini menjadikan jenis yang memberikan kita nama terang tercantum dalam surat. Tidak heran jika cukup sulit dalam pemindahan hak milik. Karena harus melalui prosedur yang sesuai dengan hukum berlaku.

Bearer Stocks

Jenis saham ini merupakan saham atas unjuk, tidak menuliskan nama secara fisik. Mudah kita jual belikan ke investor lain dan legal tentu saja.

Saham merupakan dokumen yang berharga dari sebuah kepemilikan dari sebuah perusahaan. Bisa kita tukarkan menjadi uang yang naik turun harga jualnya.

Beberapa jenis tersebut bisa Anda gali lebih dalam. Selalu perhatikan risiko dan tidak gegabah dalam berinvestasi jenis apapun. Karena investasi cenderung tidak menetap dan konsisten.

Jenis saham tersebut jadi pengetahuan baru untuk kita. Ternyata tidak hanya memiliki dua jenis yang populer saja, saham masih memiliki jenis lain yang banyak sekali jika dibahas satu per satu. Nah beberapa bahasan tersebut paling banyak direkomendasikan untuk para pemula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *