Cara Mendapatkan Modal Usaha Untuk Menjadi Pengusaha Kaya

Modal usaha adalah sekumpulan harta benda yang digunakan untuk menjalankan suatu usaha terutama dalam hal bisnis. Dalam menjalankan usaha, hal utama yang dibutuhkan seorang pebisnis adalah modal. Keterbatasan modal sering menjadi hambatan seseorang untuk menjalankan sebuah bisnis, namun mereka tidak tahu bagaimana cara mendapatkan modal usaha.

Pada dasarnya tidak perlu banyak modal untuk membuka bisnis sendiri, namun jika memiliki banyak modal tentu saja kita bisa lebih banyak berinovasi. Sehingga kamu bisa mengembangkan bisnis berapapun yang kamu butuhkan.

Beberapa Cara Mendapatkan Modal Usaha

Bagi calon pengusaha sebaiknya mencari tahu bagaimana cara memperoleh modal usaha agar bisnis yang dijalankan berjalan lancar sesuai harapan. Zaman sekarang, memperoleh modal usaha tidak lagi sulit, bahkan banyak lembaga keuangan menawarkan jasa pinjaman sebagai modal usaha.  Berikut beberapa cara memperoleh modal usaha yang banyak dicari para pengusaha.

Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Salah cara mendapatkan modal usaha adalah melalui pinjaman KTA atau Kredit Tanpa Agunan. Plafon yang ditawarkan bisa mencapai Rp 500 juta dengan tenor pinjaman agak panjang. Meskipun tanpa menggunakan jaminan atau agunan, namun suku bunga di KTA lebih tinggi.

Bunga minimal sekitar 0,59% hingga 2% per bulan yang sifatnya tetap atau flat. Ada juga  biaya penalti kisaran 5%-6% dari sisa pokok hutang jika kita telah melunasi hutang sebelum jatuh tempo. Dari itu pertimbangkan dulu sebelum sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman ke KTA.

Kredit Multiguna (KMG)

Berbeda dengan KTA, Kredit Multiguna atau KMG merupakan pinjaman dari bank yang mana nasabah harus menyerahkan jaminan atau agunan. Jaminan tersebut bisa berupa sertifikat tanah atau rumah, BPKB mobil atau motor, SK Kepegawaian, atau surat berharga lainnya sesuai ketentuan. Masa tenor bisa sampai 20 tahun dengan plafon pinjaman mencapai miliaran tergantung taksiran harga jaminan.

Trending :  Definisi Laporan Posisi Keuangan Dalam Berbisnis

Pinjaman Koperasi

Selain Bank, kita bisa memperoleh modal usaha dengan meminjam koperasi, umumnya adalah Koperasi Simpan Pinjam (KSP). Bunga di koperasi cenderung lebih rendah daripada di bank, apa lagi jika kita bisa menjadi anggota koperasi, kita akan mendapatkan Sisa Hasil Usaha (SHU) yang akan meringankan beban pinjaman. Untuk menjamin keamanan, carilah koperasi resmi yang sudah terdaftar di UKM dan Kementerian Koperasi.

Kredit Modal Kerja (KMK)

Selanjutnya, yang termasuk pinjaman bank lainnya adalah Kredit Modal Kerja (KMK). Tenor pada KMK adalah 12 bulan hingga 36 bulan atau 3 tahun  dengan plafon pinjaman mulai jutaan hingga milyaran rupiah.

Modal Patungan

Bagi kamu yang tidak ingin berhutang, cara mendapatkan modal usaha adalah dengan mendirikan usaha patungan atau joint venture (JV). Misalnya dengan mengajak teman untuk menjadi partner. Dengan menyatukan ide, kamu bisa patungan modal dengan persentase sesuai kesepakatan.

Kredit Usaha Rakyat (KUR)

KUR merupakan pinjaman dari pemerintah yang bisa digunakan sebagai modal usaha. Pemerintah memberikan subsidi dalam pinjaman ini, sehingga pelaku usaha mikro atau pengusaha kecil dan menengah (UMKM) bisa mendapatkan bunga yang sangat rendah. Plafon yang ditawarkan hingga Rp 50 juta per debitur dengan suku bunga kisaran 6% per tahun.

Modal Supplier

Bagi kamu yang tidak memiliki uang untuk modal, ada cara mendapatkan modal usaha yaitu dari supplier dengan menjadi reseller. Dari situ kamu bisa menjalankan bisnis dengan cara menjual barang dari supplier baik dengan cara offline maupun online. Harga dari supplier cenderung lebih rendah, sehingga kamu bisa mendapat keuntungan sebagai modal usaha.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *