Penyebab HP Cepat Panas dan Sering Eror Saat Digunakan

Penyebab HP cepat panas ada beberapa faktor. HP yang mudah panas merupakan penanda ada masalah serius pada perangkat Anda tersebut. Apalagi disertai dengan baterai yang cepat habis dan terlampau panas.

Secara umum penyebabnya adalah penggunaan yang terlalu berlebihan. HP pada kondisi panas dan terus dipaksakan maka akan berdampak buruk dan cepat rusak.

Ketahui Penyebab HP Cepat Panas Serta Cara Mengatasinya

Beberapa faktor pemicu HP cepat panas dapat dilihat dari beberapa faktor penyebab berikut ini.

Layar Terlalu Terang

Salah satu penyebab yang memicu Android Anda cepat panas adalah pengaturan layar yang terlalu terang. Karena kecerahan mempengaruhi prosesor sehingga membuat baterai cepat habis. Sebaiknya Anda sesuaikan dengan kebutuhan saat situasi tertentu.

Baterai Cacat Pabrik

Seringnya baterai yang cepat panas mengakibatkan device menjadi panas pula. Hal ini merembet ke seluruh bagian mesin smartphone dan akan berakibat fatal.

Kemungkinannya adalah karena cacat pabrik. Untuk mengeceknya maka Anda bisa cek battery info. Selain itu cek pula temperatur baterai tersebut. Secara normal, baterai berada di suhu 40 derajat. Jika lebih dari itu maka HP Anda bermasalah.

Aplikasi Banyak yang Terbuka

Penyebab lainnya biasanya karena aplikasi banyak yang terbuka pada HP tersebut. Seringkali pengguna membuka aplikasi saat bersamaan dalam jumlah banyak.

Bahkan mereka sering lupa tidak benar-benar menutupnya. Sehingga membuat boros baterai dan HP menjadi lemot.

Menggunakan Charger Palsu

Penyebab HP cepat panas karena faktor charger yang tidak original. Pada dasarnya setiap HP memiliki kapasitas yang berbeda dan sudah disesuaikan.

Ketika Anda menggunakan charger yang tidak sesuai dengan merk dan serinya atau bahkan palsu, maka dapat memicu HP menjadi panas.

Trending :  Tips Memilih Laptop Desain Grafis yang Harus Anda Perhatikan

Pasokan daya pada charger palsu tidak akan bisa memenuhi kebutuhan HP. Daya listrik yang tidak sesuai tersebut membuat kinerja baterai asli menjadi menurun.

Streaming terlalu Lama

Ketika Anda menggunakan HP untuk streaming hingga berjam-jam juga akan menyebabkan HP cepat panas. Penggunaan yang berlebihan justru akan merusak kualitas HP Anda.

HP memiliki kemampuan standar penggunaan. Oleh karena itu pergunakan dengan sewajarnya dan jangan memaksakan. Kalau tidak maka HP tersebut tidak akan awet dan cepat panas.

Malware

Penyebab HP cepat panas adalah Malware. Malware seluler teru menjalankan widget, aplikasi ataupun proses yang berbahaya.

Hal ini mampu membuat prosesor terus bekerja. HP tersebut menjadi panas. Biasanya disebabkan oleh pengunduhan aplikasi yang berasal dari toko tidak resmi maupun situs yang tidak jelas.

Bug Pada Aplikasi

Hal lain penyebab smartphone Anda sering panas adalah bug pada aplikasi. Bug pada aplikasi maupun software membuat prosesor bekerja tidak optimal.

Itulah kenapa sering terjadi pembaharuan maupun update aplikasi secara berulang. Tujuannya adalah memperbaiki bug sehingga prosesor dapat bekerja secara maksimal.

Penggunaan CasingĀ 

Penyebab HP cepat panas terkadang karena penggunaan casing yang tidak sesuai. Baik dari segi bahan maupun modelnya yang tidak tepat membuat HP menjadi panas.

Hal ini dikarenakan ventilasi HP tidak bekerja maksimal. Sehingga panas tersebut tidak teratasi dengan baik dan semakin lama menjadi makin panas.

Cara Mengatasi HP Panas

Untuk mengatasinya sebaiknya Anda menghindarkan HP Anda dari sinar matahari langsung. Close atau matikan aplikasi yang bermasalah.

Untuk penggunaan dasar layar maka sebaiknya gunakan kecerahan yang standar. Apalagi dari sisi baterai, anjuran tepat adalah menggunakan charger ori dan ketika mengisinya tidak sambil dimainkan.

Trending :  7 Rekomendasi Aplikasi Menggabungkan Foto Terbaik

Hal ini untuk menjaga performa HP menjadi lebih awet. Selain itu pembatasan penggunaan HP adalah terpenting. Jangan digunakan secara berlebihan. Penyebab HP cepat panas tersebut perlu diteliti faktor pemicunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *