Tips Mengatasi Laptop Lemot dengan Mudah Untuk Anda Lakukan

Performa pada laptop akan semakin menurun, jika digunakan dalam waktu yang lama. Artikel kali ini akan membahas tentang tips mengatasi laptop lemot.

Saat membuka aplikasi tidak secepat dulu, loading lama, pergerakan lambat hal itu terjadi karena performa laptop menurun.  Jika hal ini terjadi jangan terburu-buru untuk membeli laptop  baru.

Laptop juga dapat mengalami penurunan performa, karena laptop seperti produk elektronik lainya. Apa lagi jika settingan pada laptop kurang maksimal. Hal ini merujuk pada laptop gaming terbaru yang sudah mulai diberikan pembekalan software performance management.

Tips Mengatasi Laptop Lemot dengan Mudah

Laptop yang sudah lemot masih bisa dikembalikan performanya, seperti yang sudah dijabarkan sebelumnya. Cara agar laptop tidak lemot cukup mudah untuk Anda lakukan sendiri.

Uninstall Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Jika sudah memiliki laptop, pasti terbesit keinginan untuk mencoba berbagai aplikasi. Kapasitas penyimpanan pada Drive C  akan penuh dan membuat sistem terlalu lama membaca hardisk hal ini dikarenakan terlalu banyak aplikasi yang diinstal. Salah satu efek yang menjadi penyebabnya adalah laptop lemot. Cara mengatasi laptop lemot karena terlalu banyak aplikasi yang terinstal bisa melakukan cara ini.

Coba Anda seleksi aplikas apa yang jarang digunakan. Anda bisa mengecek juga aplikasi yang tidak sengaja terinstal saat sedang browsing. Menggunakan aplikasi yang dibutuhkan saja, hal ini sangat disayangkan jika memori penuh, karena aplikasi sering menganggur. Hal ini merupakan cara yang cukup mudah, karena tidak perlu menggunakan software tertentu.

Menggunakan Antivirus

Salah satu alasan mengapa perangkat laptop menjadi lemot adalah terkena malware atau virus. Laptop juga seperti manusia, laptop bisa terkena penyakit yang mengakibatkan performanya menurun.  Anda bisa memasang antivirus terbaik untuk menghilangkan segala macam virus, agar laptop tidak lemot lagi karena virus. Kemudian, Anda pastikan untuk selalu mengecek secara rutin. Jangan lupa untuk selalu update antivirus.

Trending :  Cara Menghemat Baterai Hp Dalam Keadaan Genting

Menggunakan Aplikasi Sesuai Dengan Spesifikasi Laptop

Tips mengatasi laptop lemot selanjutnya adalah, sebelum membeli, Anda sudah harus tahu spesifikasi dari laptop tersebut. Karena akan sangat membantu untuk mengetahui aplikasi yang ingin diinstal pada laptop sudah sesuai dengan spesifikasi.

Gunakan aplikasi yang sesuai dengan laptop saja, jangan memaksakan kemampuan laptop. Salah satu cara membuat laptop tidak lemot adalah dengan memilih aplikasi dengan spesifikasi rendah..

Sesuaikan Penggunaan Aplikasi

Saat menjalankan aplikasi secara bersamaan akan memaksakan kinerja RAM hal ini menyebabkan laptop lemot. Contohnya saat Anda menggunakan laptop untuk bermain game secara bersamaan digunakan untuk memutar musik.

Pada saat menjalankan aplikasi dan cara agar laptop tidak lemot, Anda bisa mengaktifkan fitur task manager untuk mengontrol penggunaan RAM.

Menambah kapasitas RAM

Menambahkan RAM termasuk cara mengatasi laptop agar tidak lemot. Pada saat membeli laptop pastinya Anda akan memilih yang lebih murah dengan RAM rendah, misalnya 4 GB. Tetapi Anda menginginkan laptop yang lebih ngegas. Penambahan kapasitas RAM yang lebih besar bisa diakali setelah Anda memiliki uang yang lebih.

Reset Ulang Windows

Usia laptop yang sudah sangat tua bukan hanya mempengaruhi kinerja hardware saja, tetapi software juga. Hal yang paling berpengaruh adalah sistem operasi (OS) terutama Windows. Jika Windows sudah error, maka kinerja akan terganggu atau menjadi tidak optimal. Jika sudah terlalu parah lebih baik menginstal ulang Windows Anda.

Itu tadi beberapa tips mengatasi laptop lemot yang bisa Anda coba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *