Sumber Keuntungan Investasi Saham, Wajib untuk Dipahami

Sumber keuntungan investasi saham terdapat dalam beberapa pilihan. Setiap investasi atau usaha tentu akan dihadapkan dengan keuntungan serta kerugian. Selain itu, keuntungan serta kerugian pun juga berbeda dari tiap instrumen investasi yang akan kita pilih.

Pada umumnya, investasi yang minim risiko akan menawarkan keuntungan yang relatif kecil, Sedangkan investasi yang berisiko besar justru akan menghasilkan keuntungan yang besar pula. Bagi Anda yang tertarik untuk berinvestasi saham, maka wajib mempelajari beberapa keuntungan yang akan diperoleh dan juga risiko yang akan dihadapi.

Mengetahui Sumber Keuntungan Investasi Saham

Berikut ini beberapa jenis sumber keuntungan dari investasi saham yang penting untuk Anda pahami antara lain:

Capital Gain

Salah satu sumber keuntungan investasi saham, yang merupakan selisih dari harga beli dan harga jual saham. Para investor akan targetkan harga jual yang lebih tinggi dibanding dengan harga beli.

Selanjutnya selisih akan terjadi karena muncul fluktuasi antara demand dan supply dari saham tersebut. Adanya perubahan dapat disebabkan oleh banyak hal, termasuk pada performa perusahaan tersebut seiring dengan berjalannya waktu.

Para pemodal yang berorientasi dalam investasi jangka pendek pada umumnya akan mengambil keuntungan via capital gain dengan menggunakan teknik analisa chart.

Ini dilakukan dengan mempelajari pola historikal, yang dikenal dengan istilah Analisis Teknikal. Sedangkan para pemodal yang berorientasi dalam jangka panjang dapat menyeleksi emiten mana yang mempunyai potensi capital gain menarik dengan menggunakan analisis fundamental.

Dividen

Sumber keuntungan dalam berinvestasi saham selanjutnya adalah Dividen. Ini adalah pendapatan perusahaan yang diberikan kepada para pemegang saham dalam jangka waktu yang lama atau para pemilik saham sebelum cum date. Cum date merupakan singkatan dari cumulative date.

Trending :  Bagaimana Cara Membaca Grafik Saham Bagi Pemula

Cum Date yang merupakan tanggal penentuan bagi para investor yang berhak memperoleh dividen dari perusahaan tertentu dikarenakan mempunyai saham tersebut.

Pembagian dividen masing-masing perusahaan tidak sama yakni dapat dilakukan dalam setiap 1 tahun sekali, 1 tahun 2 kali. Bisa juga dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan kebijakan dari masing-masing perusahaan.

Keuntungan ini dibagikan kepada pemegang saham saat RUPS yakni Rapat Umum Pemegang Saham. Biasanya, Dividen dalam bentuk uang cash Rupiah proporsional dengan jumlahnya kepemilikan saham.

Selain itu, Dividen dibagi dalam bentuk penambahan sahamnya kepada investor. Keduanya dilakukan pada saat adanya kesepakatan para pemegang saham untuk membagikan dividen.

Tidak semua perusahaan yang mempunyai laba, sepakat untuk membagikan dividen kepada pemegang sahamnya. Pada umumnya, perusahaan tersebut melakukan ekspansi atau sedang mengembangkan usaha. Dengan kata lain, ini dilakukan oleh perusahaan yang sedang dalam tahap perusahaan.

Anda dapat melihat list perusahaan yang membagikan dividen, salah satunya dengan melakukan pemantauan pada Index IDX Dividen 20 pada laman resmi Bursa Efek Indonesia.

Saham Bonus

Ini merupakan salah satu hal yang dapat Anda peroleh dalam berinvestasi saham. Tidak semua perusahaan memberikan saham bonus. Ini merupakan saham yang diberikan oleh perusahaan kepada pemegang saham yang diambil dari agio saham.

Pengertian dari istilah Agio saham adalah selisih harga jual terhadap harga normal saham ketika perusahaan melakukan adanya penawaran umum di pasar perdana. Menariknya, saham bonus dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi para pembeli saham.

Dari ketiga jenis sumber keuntungan investasi saham di atas, dengan demikian Anda dapat lebih selektif dalam menaruh saham pada perusahaan tertentu. Hal ini bertujuan agar Anda dapat memaksimalkan keuntungan dalam berinvestasi saham yang kelak akan Anda peroleh.

Trending :  Belajar Saham Bagi Pemula, Tips Agar Mahir Hingga ke Akarnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *