Berikut Ini Pengertian Saham, Jenis Serta Keuntungannya

Pengertian saham memang sudah tidak asing lagi di telinga kebanyakan orang. Saham pastinya sudah bukan istilah baru lagi di kalangan masyarakat dunia. Saat ini banyak masyarakat yang sudah mulai mengerti cara bermain saham dan memulai untuk terjun ke dunia investasi.

Karena mereka sudah mulai dapat melihat keuntungan saat berinvestasiĀ  saham. Apalagi di saat masa pandemi seperti sekarang ini. Agar tetap mendapatkan penghasilan banyak investor memanfaatkan hartanya untuk diinvestasikan agar uang mereka tidak terbuang sia-sia. Lalu jugA untuk bekal masa tua nanti.

Pengertian Saham Menurut Para Ahli

Saham adalah sebuah investasi yang banyak diburu oleh para investor. Karena peluang keuntungan dalam saham ini cukup besar. Jadi kesempatan ini tidak akan disia-siakan oleh para investor.

Lalu apa arti saham?

Saham merupakan surat bukti seseorang yang membantu modal perusahaan sehingga seseorang yang memiliki saham tersebut memiliki hak atas kepemilikan aset perusahaan. Misalnya, jika perusahaan mengeluarkan 1000 lembar saham dan Anda membeli 200 lembar, maka Anda memiliki hak aset perusahaan sebesar 20%. Nah, bila Anda salah satu pemegang saham, maka Anda memiliki hak kendali atas suatu perusahaan.

Pemegang saham juga berhak mendapat dividen sesuai dengan jumlah saham yang dimiliki. Nah, dividen ini biasanya tergantung dari keuntungan suatu perusahaan, jika keuntungan perusahaan tinggi maka dividen yang akan dibagikan juga tinggi. Pembagian hak dividen sendiri sudah diatur sesuai dengan anggaran yang ditentukan perusahaan.

Penerbitan saham adalah salah satu cara perusahaan agar mendapatkan dana segar untuk modal pengembangan bisnis dalam jangka panjang. Sedangkan saham ini diperjualbelikan di Bursa Efek dengan harga yang berubah ubah. Sesuai dengan kondisi ekonomi perusahaan.

Trending :  Sumber Keuntungan Investasi Saham, Wajib untuk Dipahami

Jenis-Jenis Saham

Adapun jenis-jenis saham yang harus Anda ketahui supaya dapat membedakan, yaitu

Saham biasa

Untuk saham biasa, perusahaan akan memberikan hak untuk pemilik saham agar memberikan suara pada saat pengambilan keputusan. Pemilik saham biasa juga lebih diprioritaskan untuk didahulukan ketika perusahaan sudah mulai menerbitkan saham baru.

Saham preferen

Berbeda dengan saham biasa, saham preferen ini tidak memiliki hak untuk mengangkat suara saat pengambilan keputusan. Akan tetapi pemegang saham akan mendapat prioritas yang lebih tinggi untuk bagian aset dan penghasilan. Dengan kata lain, pemegang saham preferen akan lebih dulu mendapatkan dividen daripada saham biasa.

Keuntungan Menabung Saham

Saham memberikan banyak potensi keuntungan kepada para investor. Maka Dari itu, para pejuang investasi lebih memilih dilempar ke saham, karena dapat menjanjikan keuntungan yang cukup besar. Akan tetapi berinvestasi juga tetap harus berhati-hati, karena jika lalai sedikit saja Anda bisa bangkrut. Berikut ini pengertian saham tentang keuntungannya.

Capital Gain

Capital gain merupakan keuntungan yang diperoleh dari selisih harga beli dan jual. Yang Mana harga jual dapat lebih tinggi daripada harga beli.

Capital gain merupakan hasil dari perdagangan di bursa efek. Sebagai contoh, Ketika investor membeli saham AADC seharga Rp 3000 per lembarnya lalu investor menjualnya dengan harga Rp 4000 per lembar maka investor tersebut sudah mendapat capital gain sebesar Rp 1000 dalam setiap lembar saham yang dijual.

Dividen

Dividen ialah bagian keuntungan yang dibagikan kepada pemegang saham. Keuntungan ini didapat oleh perusahaan dan akan diberikan kepada pemegang saham usai mendapat persetujuan oleh pemegang saham pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Jika pemegang saham menginginkan bonus tersebut. Maka pemodal harus memiliki saham hingga waktu yang telah ditetapkan. Seperti itulah pengertian saham yang harus Anda ketahui.

Trending :  Jenis-Jenis Saham Rekomendasi Untuk Para Pemula Pelajari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *