Cara Membeli Saham dengan Mudah Bagi Pemula

Di era digital membeli saham semakin mudah. Cara membeli saham bisa dilakukan dimana saja melalui online. Kini banyak orang yang berkeinginan investasi saham.

Saham merupakan salah satu instrumen yang mengedepankan investasi. Saham merupakan pasokan modal, saham berhak untuk mendapatkan dividen sesuai jumlah yang dimiliki.

Membeli saham di pasar modal memiliki resiko yang lebih besar dibandingkan instrumen investasi lain seperti deposito tabungan berjangka emas dan obligasi. Karena risiko yang besar keuntungan yang diperoleh pun tinggi baik dari dividen ataupun kenaikan harga.

Cara Membeli Saham Bagi Pemula

Untuk pembelian saham investor wajib menyiapkan dana yang sesuai harga saham dan biaya transaksi untuk suatu perusahaan titik sedangkan penjualan saham total dana yang diperoleh investor merupakan nilai harga jual saham dikurangi biaya transaksi dan PPh.

Melakukan Registrasi Rekening

Sebelum membuka rekening saham Anda harus memahami apa itu rekening dana investor dan rekening dana nasabah. Berbeda dengan rekening biasanya pembelian saham secara online hanya bisa dilakukan jika Anda sudah mempunyai rekening dana investor atau rekening efek ataupun rekening dana nasabah.

Melalui rekening inilah investor bisa melakukan aktivitas jual beli saham. Pembukaan rekeningnya pun sekarang sangat mudah karena bisa dilakukan secara online.

Cek Deposito Awal

Cara membeli saham berikutnya, setelah rekening resmi terdaftar berarti Anda sudah bisa melakukan pembelian saham pertama. Dari banyaknya perusahaan pematokan deposito awal juga berbeda-beda. Sama halnya dengan saham, besaran fee akan ditentukan saat Anda akan membeli atau menjual saham.

Setor Dana Untuk Deposito Awal

Anda akan mendapatkan konfirmasi dari sebuah perusahaan bahwa rekening investor sudah aktif, jika sudah melakukan pendaftaran. Langkah berikutnya Anda bisa melakukan penyetoran deposit awal untuk melakukan transaksi pasar modal.

Trending :  Berikut Ini Pengertian Saham, Jenis Serta Keuntungannya

Baca Atau Tonton Tutorial Jual Beli Saham

Anda juga perlu panduan atau tutorial, dengan kecanggihan teknologi zaman sekarang tutorial jual beli saham bisa Anda dapatkan dengan sangat mudah. Anda bisa melihat tutorial di Google dan YouTube. Buat Anda sebagai pemula lakukan analisa perusahaan terlebih dahulu agar bisa menentukan apakah saham perusahaan layak untuk dikoleksi.

Saatnya Membeli Saham

Setelah menyimak dan mempelajari lebih dalam, Anda pasti sudah menguasai ilmu yang dibutuhkan untuk membeli saham. Pastikan Anda membeli saham yang masuk dalam terdaftar indeks bursa efek Indonesia agar tidak terkecoh dengan saham yang tidak bagus.

Tetapkan Tujuan Membeli Saham

Cara membeli saham selanjutnya adalah menetapkan tujuan. Pastikan Anda mengetahui secara jelas apa tujuan berinvestasi, sebelum memutuskan untuk mengalokasikan dana di pasar modal. Apa Anda seorang trader atau investor?

Investor merupakan orang yang berinvestasi dalam jangka panjang agar memperoleh keuntungan berbeda jika trader orang yang berinvestasi dalam jangka pendek untuk memperoleh profit dalam waktu tertentu.

Melakukan Diversifikasi

Masalah berinvestasi saham penting buat para investor untuk tidak menempatkan dana pada satu perusahaan saja. Lakukan diversifikasi atau trik untuk meminimalkan risiko dalam jangka panjang di dunia pasar modal. Daripada hanya terfokus pada satu saham saja Anda bisa mengalokasikan dana ke beberapa perusahaan sektor. Dengan begini risiko yang diperoleh sangat minim.

Perlu Anda ingat bahwa saham merupakan instrumen pasar modal dengan harga yang fluktuatif. Ini sangat menjanjikan untuk Anda mencapai tujuan keuangan dalam kurun waktu yang lama. Tetapi berinvestasi saham bukan cara cara instan untuk mendapatkan sebuah kekayaan.

Itu tadi beberapa cara membeli saham dengan mudah dan bisa dilakukan bagi pemula.

Trending :  Rekomendasi Aplikasi Saham Terpercaya dan Cara Memilihnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *