Jenis-Jenis Cryptocurrency yang Beragam dan Harus Anda Ketahui

Jenis-jenis cryptocurrency tentunya harus Anda ketahui. Terutama bagi Anda pemula yang ingin bisnis maupun investasi menggunakan crypto. Hal ini juga penting bagi Anda yang ingin menggunakan crypto sebagai alat untuk melakukan pembayaran.

Baru-baru ini, cryptocurrency mampu menyita perhatian kehidupan manusia. Awalnya, kehadirannya memang mengejutkan, akan tetapi pada akhirnya banyak yang jatuh cinta. Serta terpesona akan keuntungannya. Kemunculan dari istilah ini tepatnya pada tahun 2013. Dari situ juga banyak media yang memberitakan adanya uang digital tersebut.

Meskipun begitu, akan tetapi kehadiran istilah ini juga menimbulkan pro dan kontra. Ya, cryptocurrency merupakan aset digital yang dirancang sebagai media pertukaran dengan menggunakan kriptografi. Kriptografi ini sendiri juga sangat kuat guna mengamankan transaksi keuangan.

Jenis-Jenis Cryptocurrency yang Harus Anda Ketahui

Di samping adanya pendapat pro dan kontra mengenai mata uang tersebut, nyatanya tidak sedikit juga yang memilih untuk menggunakan mata uang digital sebagai bisnis, investasi, maupun alat pembayaran. Teruntuk Anda yang ingin mencoba menggunakan mata uang digital ini, penting sekali Anda menyimak beberapa informasi mengenai jenis-jenis cryptocurrency berikut ini.

Crypto Jenis Bitcoin

Untuk jenis yang pertama adalah, Bitcoin. Dari kemunculan jenis ini sampai sekarang, Bitcoin masih menjadi rekomendasi dan populer. Lebih tepatnya, Bitcoin muncul pada tahun 2009. Satoshi Nakamoto yang sudah memperkenalkan Bitcoin pada saat itu.

Fungsi utama dari Bitcoin ini, adalah untuk transaksi di internet tanpa harus menggunakan perantara atau tidak menggunakan jasa bank. Selain itu, adanya sistem peer to peer juga memberikan Anda kemudahan ketika menggunakan jenis crypto yang satu ini. Walaupun begitu, akan tetapi sistem kinerja nya tidak melakukan penyimpanan atau administrator tunggal.

Trending :  Cara Kerja Cryptocurrency dan Karakteristiknya yang Wajib Kamu Tahu

Bagi pengguna baru Bitcoin, Anda bisa mulai menggunakan jenis crypto ini tanpa harus memahami mengenai detail teknisnya terlebih dahulu. Setelah anda menginstal Wallet Bitcoin dengan menggunakan komputer maupun ponsel, maka akan secara otomatis membuat alamat pertama, serta dapat Anda gunakan untuk membuat lebih banyak alamat lagi kapanpun membutuhkan nanti.

Litecoin

Selanjutnya, jenis-jenis cryptocurrency yang perlu Anda catat adalah litecoin. Kemunculan litecoin ini bersamaan dengan munculnya mata uang digital tersebut. Lebih tepatnya muncul pada tahun 2011 sebagai mata uang digital peer-to-peer, dengan menghasilkan blok baru yang memiliki kecepatan lebih cepat.

Banyak yang menyebutkan bahwasanya jenis crypto yang satu ini merupakan “peraknya emas Bitcoin”. Karena, coin Maya ini merupakan modifikasi dari kode uang kripto yang awalnya mempunyai kode LTC. Adanya modifikasi tersebut, ketikan transaksi dari let koin lebih cepat daripada Bitcoin.

Apabila anda hendak membeli litecoin, caranya sangatlah mudah. Karena Anda hanya perlu mendaftar di broker crypto. Setelah itu, anda harus melakukan deposit dana berdasarkan kemampuan anda. Kemudian, Anda bisa memulai proses pembelian di platform baik melalui aplikasi maupun situs yang sudah broker sediakan.

Dogecoin

Dogecoin juga termasuk dalam jenis-jenis cryptocurrency. Jenis ini merupakan keturunan dari litecoin yang muncul pada bulan Desember tahun 2013 lalu. Sama seperti halnya namanya, dogecoin ini merupakan cryptocurrency yang membuat anjing shiba Inu sebagai maskotnya.

Banyak orang yang mengenal bahwa, cryptocurrency jenis ini paling bersahabat. Mengapa demikian? Penyebabnya adalah komunitasnya sering melakukan donasi, amal, dan kegiatan positif lainnya. Selain itu, dogecoin juga mempunyai nilai yang lebih rendah daripada Bitcoin. Sehingga tidak heran apabila pengguna jenis yang satu ini lebih banyak.

Trending :  Tips Investasi Cryptocurrency untuk Pemula yang Wajib Anda Coba

Ethereum

Ethereum juga termasuk dalam jenis-jenis Cryptocurrency. Perlu Anda ketahui bahwa jenis ini merupakan yang populer kedua. Bahkan sepanjang tahun 2021 ini, Ethereum terus mengalami kenaikan. Peresmian kain Maya ini terjadi pada tahun 2015, sehingga menjadi sebuah platform software yang terdesentralisasikan.

Kelebihan dari jenis yang satu ini, adalah mempunyai founder yang jelas serta dikembangkan oleh banyak Developer. Dengan begitu, Ethereum ini menjadi salah satu platform yang terpercaya. Adanya sistem blockchain juga membuat mata uang ini mempunyai sistem desentralisasi. Sehingga, menyebabkan platform ini menjadi pilihan untuk perbankan dunia sekarang ini.

ADA (Cardano)

Jenis-jenis cryptocurrency yang berikutnya adalah Cardano. Jenis ini merupakan blockchain pertama yang ada di dunia bersifat peer-reviewed. Pencipta dari uang maya ini adalah Charles Hoskisson. Mata uang yang satu ini tergolong dalam generasi ketiga cryptocurrency. Sehingga banyak yang menganggap bahwa uang maya yang paling mutakhir.

Adanya teknologi yang lebih maju, membuat Cardano menjadi solusi bagi banyak permasalahan, yang dialami oleh penambang Bitcoin serta Ethereum. Kelebihan dari jenis ini adalah, mempunyai harga yang relatif murah, dan menggunakan teknologi, yang menjamin keamanan serta kemudahan untuk melakukan proses mining serta transaksi.

Nah, semoga beberapa informasi mengenai jenis-jenis cryptocurrency tersebut membawa manfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *