Pengertian Cryptocurrency dan Jenis-Jenisnya yang Perlu Diketahui

Pengertian cryptocurrency adalah sebuah mata uang digital untuk memenuhi kebutuhan transaksi secara online. Mata uang ini juga tidak dapat digandakan maupun dipalsukan.

Mata uang memiliki sifat desentralisasi, yang artinya tidak ada pihak yang menjadi perantara dalam melakukan transaksi. Jadi, pembayaran akan langsung dibayarkan kepada tujuan. Seluruh transaksi juga akan tercatat dalam sistem yang telah tersedia, guna untuk menjaga keamanan agar optimal.

Dikarenakan bersifat virtualisasi dan desentralisasi, maka agar bisa menggunakan mata uang ini membutuhkan komputer yang memiliki spesifikasi canggih dan mumpuni. Supaya mempermudah transaksi saat menggunakan blockchain.

Nah, agar Anda mengetahui pengertian dan jenis cryptocurrency ini, sebaiknya untuk membaca artikel ini sampai selesai. Karena disini akan membahas seputar cryptocurrency.

Pengertian Cryptocurrency dan Jenisnya

Mata uang kripto atau cryptocurrency merupakan sebuah aset digital yang diketahui mata uang berbentuk digital. Mata uang ini digunakan untuk metode pembayaran melalui virtual. Ciri khas dari mata uang ini adalah mereka tidak dikeluarkan oleh otoritas pusat maka dari itu, hal ini membuat mereka kebal terhadap pemalsuan dan campur tangan atau manipulasi dari pemerintah.

Mata uang ini memiliki beberapa jenis serta kegunaannya masing-masing, yaitu:

Bitcoin

Bitcoin merupakan mata uang cryptocurrency yang pertama kali muncul dan sangat populer sampai saat ini.Bitcoin muncul sejak tahun 2009 dan yang menemukan bernama Satoshi Nakamoto. Pada tahun 2019, lebih dari 18 juta bitcoin diperdagangkan dengan total market value mencapai hingga US$ 146 M. Sampai saat ini, kurang lebih sekitar 68% mata uang cryptocurrency berjenis bitcoin.

Bitcoin Cash

Pengertian cryptocurrency dan jenis berikutnya adalah bitcoins cash. Mata uang ini mulai keluar pada tahun 2017. Menurut info, mata uang ini muncul karena ada beberapa pengguna bitcoin yang tidak setuju dengan aturan yang sudah ditetapkan. Mereka memisahkan diri dari bitcoin supaya dapat melakukan improvisasi pada mata uang digital yang baru ini, dan ada yang beranggapan bahwa mata uang ini lebih baik daripada mata uang bitcoin.

Trending :  Tips Investasi Cryptocurrency untuk Pemula yang Wajib Anda Coba

Feathercoin

Mata uang virtual yang ini memiliki jenis mata uang yang bersifat open source. Dibuat oleh seseorang yang bernama Peter Bushnell, ia bekerja sebagai IT Officer di perguruan tinggi Inggris yang bernama Brasenose College, Oxford University pada tahun 2013.

Dogecoin

Pengertian Cryptocurrency jenis dogecoin merupakan sebuah turunan dari litecoin. Dogecoin ini sudah mulai muncul pada tahun 2013 di bulan Desember. Jenis mata uang ini merupakan jenis yang paling bersahabat. Karena banyak komunitas dogecoin yang melakukan aktifitas positif seperti berdonasi, kegiatan amal dan aktivitas positif lainnya. Namun, nilai mata uang virtual dogecoin ini lebih rendah dari bitcoin.

Litecoin

Litecoin yang satu ini adalah mata uang digital P2P yang dapat menghasilkan blok baru dengan sangat cepat. Litecoin juga dapat melakukan transaksi secara cepat tanpa harus memerlukan sistem komputasi yang kuat. Mata uang ini mulai diperkenalkan sejak tahun 2011.

Di Indonesia sebenarnya sudah banyak yang mengenal cryptocurrency. Namun, Keberadaan mata uang ini dilarang oleh pemerintah pusat untuk beredar di Indonesia. Bahkan mata uang ini tidak diakui oleh peraturan perundang-undangan untuk digunakan sebagai alat transaksi yang sah dalam negeri.

Namun, pastinya jika kita memasuki dunia digital kita harus berani mengambil risiko dengan syarat sudah memiliki ilmunya. Karena ketika kita salah posisi sedikit saja, semua bisa berakibat fatal. Maka dari itu, jangan gegabah dan budakan untuk mengontrol. Pengertian cryptocurrency sudah menjadi banyak pertanyaan, apalagi untuk orang awam atau baru memasuki dunia coin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *