Sejarah Cryptocurrency dan Perkembangan di Indonesia

Cryptocurrency merupakan istilah yang ngetren dan keren apalagi bagi para investor zaman sekarang. Jika Anda belum pernah atau pernah mendengar tetapi belum punya bayangan apa itu cryptocurrency, mari simak artikel berikut. Pada artikel kali ini akan membahas mulai dari sejarah cryptocurrency, perkembangan di Indonesia dan cara kerjanya.

Sejarah Cryptocurrency

Cryptocurrency adalah mata uang digital yang berguna sebagai alat tukar, sama seperti rupiah ataupun dolar. Berdasarkan data terakhir jumlah cryptocurrency mencapai 1600 jenis dan terus berkembang.

Pastinya terbesit pertanyaan di benak anda mengapa jenis mata uang ini terus berkembang? Hal ini dikarenakan uang digital biasanya lebih aman daripada dengan mata uang fisik, karena bersifat terdesentralisasi. Crypto Susi pertama kali ditemukan adalah bitcoin, yang menemukan bitcoin adalah Satoshi Nakamoto pada Januari 2009. Uniknya dari sang penemu, nama satoshi Nakamoto merupakan nama alias dan sampai sekarang belum diketahui nama aslinya.

Dengan pesatnya perkembangan mata uang bitcoin, menghadirkan banyak investor lain di dunia Cryptocurrency. Bagaimana tidak dalam waktu 7 tahun terakhir nilai jual bitcoin naik dengan pesat 35.500 kali lipat dan cenderung naik terus menerus.

Cryptocurrency lainnya juga naik dengan pesat yaitu Ethereum, Dogecoin, dan Litecoin. Meskipun pada tahun 2018 nilai bitcoin sempat menurun, namun pada tahun 2019 nilainya kembali naik.

Diperkirakan pasar bitcoin akan terus melonjak di 2019 karena Bappebti (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi) yang dikabarkan sudah mengesahkan cryptocurrency sebagai komoditi, sehingga bisa segera membuat aturan main mata uang virtual ini sebagai jaminan hukum. Itulah sejarah ditemukannya Cryptocurrency.

Perkembangan Cryptocurrency di Indonesia

Masyarakat Indonesia sudah banyak yang mengenal Cryptocurrency. Pemerintah pusat menolak keras dengan keberadaan dari mata uang digital ini. Bahkan Crypto  tidak diakui oleh peraturan uu sebagai alat transaksi yang sah di Indonesia.

Trending :  Cara Investasi Bitcoin yang Perlu Anda Perhatikan dan Amalkan

Berdasarkan dengan peraturan uu nomor 7 pasal 1 ayat 1 tahun 2011 menjelaskan bahwa alat pembayaran yang diterima di Indonesia hanya memanfaatkan mata uang rupiah.  Meski demikian keberadaan Cryptocurrency di Indonesia masih diperbolehkan namun termasuk ilegal.

Bank Indonesia memberikan saran agar menyimpan dan melakukan transaksi jual-beli sebagai aset tetapi resiko akan ditanggung sendiri. Namun, Anda tidak perlu khawatir lagi pada bulan Februari 2019 sudah ada payung hukum melalui peraturan nomor 5 tahun 2019 yang mengatur teknisi penyelenggaraan pasar fisik aset crypto pada bursa berjangka. Setelah mengetahui sejarah cryptocurrency dan perkembangan di Indonesia apa Anda tahu bagaimana cara kerja crypto seperti ini?

Cara Kerja Cryptocurrency

Cryptocurrency merupakan sebuah aset digital yang sering disebut mata uang digital. Mata uang jenis ini berbeda dari versi konvensionalnya, sebab cryptocurrency dipakai untuk keperluan transaksi virtual dengan jaringan internet.

Mata uang crypto sifatnya desentralisasi, berarti tanpa adanya perantara pada transaksi tersebut. Jadi pembayaran berlangsung antara pengirim dan penerima dan seluruh transaksi akan selalu tercatat melalui sistem yang sudah disediakan dengan keamanan yang optimal.

Karena sifatnya yang disentralisasi, maka cryptocurrency memerlukan spesifikasi yang canggih dan berpengalaman. Biasanya akan memakai platform blockchain agar mempermudah melakukan transaksi.

Berikut ini adalah beberapa cara kerja crypto sebagai alat transaksi online.

Kegiatan Transaksi

Jika anda melakukan pemasukan crypto secara rutin maka sudah pasti bisa memanfaatkan mata uang virtual tersebut dengan berbagai jenis transaksi. Mulai dari kegiatan transaksi di pasar bursa dengan mengubah mata uang umum biasanya dengan bitcoin. Selanjutnya pengeluaran pribadi dengan catatan, perusahaan tempat anda bertransaksi sudah menyediakan fasilitas penyetoran mata uang dalam bentuk digital.

Trending :  Mengenal 4 Risiko Cryptocurrency, Dalam Lingkup Investasi

Selanjutnya penggalangan dana secara masif atau crowdfunding bertujuan untuk meminimalisir biaya transaksi apabila proyek yang sudah didanai tidak berhasil.

Cara Menentukan Nilai Mata Uang

Cryptocurrency tercipta dari kriptografi yang terenkripsi dengan unik dan baik. Nilai dari setiap jenis crypto sama seperti produk keuangan, saat permintaan cukup tinggi dengan penambang sedikit maka nilainya juga meningkat.

Berarti, nilai mata uang cryptocurrency ini sifatnya fluktuatif serta bisa mengalami kenaikan serta penurunan berdasarkan dari kepercayaan dari pengguna. Tingkat teratas dari crypto adalah Bitcoin yang disusul oleh Ethereum.

Sejarah Cryptocurrency, dan bagaimana perkembangan crypto di Indonesia tersebut semoga bisa menjadi informasi penting untuk Anda yang akan mulai berinvestasi digital.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *