Bagaimana Cara Mengelola Keuangan Bisnis yang Baik

Di artikel ini akan membahas bagaimana cara mengelola keuangan bisnis dengan baik agar tidak mengalami banyak kerugian. Mengelola keuangan dalam berbisnis paling penting dipikirkan dan dilakukan saat memulai bisnis maupun mengembangkan bisnis. Dalam berbisnis hal yang wajar mengalami kerugian dan keuntungan. Biasanya mengalami kerugian karena ketidakmampuannya dalam mengelola keuangan dengan baik bukan?

Simak Cara Mengelola Keuangan Bisnis Dengan Baik

Mengelola keuangan bisnis jangan kalian lupakan, karena dengan tidaknya kalian mengelola akan menyebabkan kerugian. Jadi, seringlah mengelola keuangan usaha.

Menentukan Persentase dalam Pengelolaan Keuangan

Mengelola keuangan bisnis yang pertama yaitu menentukan persentase. Kalian untuk mengelola keuangan dengan baik. Hal yang harus kalian lakukan pertama kali yaitu menentukan persen keuangan yang dialokasikan untuk operasional bisnis.

Kalian harus memikirkan berapa persen target laba yang ingin dicapai, berapa persen uang cadangan kas bisnis, dan persen uang untuk mengembangkan bisnis. Jika kalian menentukan persentase dalam bisnis akan mempermudah mengelola keuangan sesuai keinginan awal yang ditentukan.

Bernegosiasi Sebelum Menandatangani Kontrak

Saat kalian melakukan pembelian kontrak supplier, bernegoisasilah terlebih dahulu dengan supplier untuk kesepakatan baik. Periksalah syarat pembelian seperti denda saat membuat keputusan. Dengan kalian bernegosiasi sebelum menandatangani kontrak akan mendapatkan penawaran terbaik sehingga lebih menghemat keuangan bisnis kalian.

Melakukan Putaran pada Kas

Berbisnis juga harus melakukan putaran kas, bukan hanya memikirkan keuntungan saja. Mengelola bisnis seperti mengelola utang piutang.

Pisahkan Akun Pribadi dan Bisnis

Hal yang paling terpenting saat mengatur keuangan bisnis adalah memulihkan akun pribadi dengan akun bisnis. Memisahkan kedua akun tersebut mempermudah dalam pelacakan arus kas perusahaan. Sehingga kalian dengan mudahnya mengetahui mana pemasukan dan pengeluaran yang didapatkan untuk urusan pribadi dan urusan bisnis.

Trending :  Instrumen dan Jenis Pasar Modal Syariah yang Perlu Investor Tahu

Bayar Tagihan Terlebih Dahulu

Mengelola keuangan bisnis yang lainnya dengan cara bayar tagihan terlebih dahulu. Adanya tagihan bukan berarti kalian takut dengan kerugian atau keuntungan bisnis yang didapat berkurang. Jika tagihan ada kaitannya dengan perusahaan atau bisnis kalian, artinya tagihan tersebut membuat bisnis beroperasi. Begitu tagihan diterima cepat-cepatlah bayar tagihan tersebut agar tidak menumpuk semakin banyak, yang ujung-ujungnya akan membuat rugi perusahaan.

Siapkan Dana Darurat

Dana darurat merupakan dana yang kalian arsipkan untuk menyiapkan keadaan darurat yang akan menimpa ketika berbisnis. Adanya dana darurat ini sangat penting agar bisnis tetap lancar walaupun kondisi di luar sedang kurang baik. Dana darurat ini hanya perlu digunakan kepentingan darurat saja bukan hal yang klain.

Melakukan Monitoring dan Mengukur Performa

Kalian yang berbisnis pentingnya melakukan monitoring dan mengatur performa keuangan bisnis kalian. Dengan mendidik diri sendiri, pebisnis dapat melakukan monitoring baik dan mengukur performa keuangan perusahaan.

Mengembangkan Usaha dari Laba

Mengelola keuangan bisnis yang berikutnya adalah dengan cara mengembangkan usaha bisnis dari laba. Kalian para pebisnis jangan pernah melupakan mengembangkan bisnis dengan menggunakan laba yang kalian peroleh. Pebisnis tentunya mengejar target besar-besaran untuk mendapatkan laba yang besar atau banyak yang ingin kalian inginkan. Caranya dengan memutar laba menjadi hal produktif semisal pengembangan usaha. Jangan habiskan laba yang kalian peroleh untuk keperluan pribadi.

Membuat Pembukuan Keuangan

Bisnis tidak hanya cukup dikemukakan dengan ingatan saja, kalian harus perlu membuat catatan yang lengkap agar mudah diingat. Misalnya kalian membuat laporan keuangan, baik laporan laba rugi maupun neraca. Tulislah semua transaksi ke pembukuan yang kalian buat.

Merencanakan Pengembangan Bisnis

Kalian juga berhak menikmati keuntungan bisnis, namun bukan berarti kalian boleh menghabiskan semuanya dengan begitu saja. Kalian harus menyisihkan keuntungan untuk pengembangan bisnis. Pengembangan bisnis hal yang tepat dari bentuk investasi. Itu tadi cara mengelola keuangan bisnis yang terakhir dengan cara pengembangan bisnis.

Trending :  Cara Memulai Bisnis Tepat Untuk Pemula Agar Sukses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *