Apa Saja Fungsi Manajemen Keuangan dalam Berbisnis? Simak!

Fungsi manajemen keuangan perlu kalian pahami dalam berbisnis. Dalam mengembangkan bisnis, uang hal yang paling penting atau hal yang paling dicari semua orang. Karena itulah pengelolaan uang anggaran harus dibantu dengan laporan keuangan, sangat penting bagi perusahaan untuk berbisnis.

Apabila uang tidak dikelola dengan teliti, pemasukan dan pengeluaran bisnis dalam perusahaan tidak terkontrol baik, ujung-ujungnya akan mengakibatkan kerugian dalam berbisnis. Pentingnya mempelajari manajemen keuangan dengan efektif, terutama kalain yang sedang menjalankan suatu bisnis.

Fungsi Manajemen Keuangan Berbisnis

Mengatur keuangan sangat penting dalam berbisnis. Dalam akuntansi sering dikenal istilah Manajemen Keuangan. Manajemen keuangan merupakan rencana dari semua kegiatan yang khusus mengatur, mengarahkan, dan mengawasi kegiatan finansial untuk pemanfaatan dana dari perusahaan. Bisa juga diartikan menerapkan prinsip manajemen umum terhadap keuangan perusahaan. Sehingga, manajemen keuangan elemen yang paling penting dalam berbisnis.

Manajemen keuangan juga mempunyai fungsi. Fungsi utamanya adalah merencanakan, mencari, memanfaatkan dana dengan upaya cara apapun dalam memaksimalkan daya penggunaan dari operasi perusahaan. Hal tersebut membutuhkan banyak pengetahuan pasar uang serta modal yang akan diperoleh keputusan yang tepat di bidang keuangan yang harus kalian buat.

Berikut fungsi-fungsi manajemen keuangan serta penjelasannya.

  1. Tahap Perencanaan

Fungsi yang pertama yaitu tahap perencanaan. Apabila perusahaan sudah berbisnis dengan lancar dan memiliki pemasukan yang baik, maka tugas manajemen keuangan akan membuat langkah untuk membuat sebuah perencanaan dan melibatkan bagian dalam perusahaan untuk langkah bisnis kedepannya. Manajemen keuangan biasanya banyak mengetahui besarnya keuangan yang dapat mencakup perusahaan, dengan inilah manajemen keuangan dapat menilai perusahaan sejauh mana menandai perencanaan bisnis.

  1. Pemantauan

Manajemen keuangan juga mempunyai fungsi yang paling penting yaitu pemantauan. Pemantau dalam hal ini dimaksud rencana untuk berinvestasi dan mengembangkan bisnis yang baru. Kalian harus benar dalam melakukan pengawasan bisnis baru. Pengawasan paling tepat yaitu dengan mengawasi bisnis melalui fungsi manajemen keuangan dengan laporan secara rutin. Meliputi arus kas, modal kerja, laporan pendapat , utang piutang bisnis.

  1. Mengontrol Keuangan

Fungsi yang ketiga adalah mengendalikan keuangan yang merupakan tugas dari manajer keuangan dan pembuat kebijakan perusahaan. Pengendalian yang mencakup cara mendokumentasikan pendapatan dan pengeluaran, metode pelaporan keuangan yang diadopsi dan cara perusahaan mengelola seluruh keuangaan.

Trending :  Cara Mengatur Keuangan Pribadi Secara Mudah dan Efisien

Dalam akuntansi, beberapa cara atau metode pengenalan pendapatan pada akhirnya mempengaruhi bagaimana pendaapatn dilaporkan dan bagaimana caranya ditangani. Manajemen keuangan disinilah yang sangat dibutuhkan untuk merangkum segala semua laporan perusahaan dalam berbisnis.

  1. Menilai Kelayakan Investasi

Perusahaan mungkin pernah menerima suatu permintaan untuk menjadi investor di perusahaan lain. Perusahaan juga mungkin mencari investor atau ingin menginvestasikan uang mereka di saham atau kembali ke bisnis. Semua keputusan akan diserahkan kepada manajer keuangan telah melakukan penelitian manajemen keuangan dalam bisnis maupun calon mitra bisnis.

Dapat disimpulkan dilihat dari penelitiannya tersebut, bagian manajemen keuangan dapat memberi keputusan investasi berdasarkan rencana keuangan yang digunakan oleh perusahaan.

  1. Mengetahui Asal Pembiayaan

Fungsi manajemen keuangan berikutnya adalah harus mengetahui asal pembiayaan. Setiap perusahaan bisnis mempunyai rencana pembiayaan yang berbeda yang akan dianggarkan sebagai pengeluaran bisnis.

Manajemen keuangan bisa melihat asal pembiayaan, apakah akan cukup dengan menggunakan uang kas perusahaan taukah perlu menambah modal cara meningkatkan penjualan barang, berhutang pada kreditur, menjual aset perusahaan, atau penjualan saham.

  1. Pengaturan Modal Kerja

Fungsi manajemen keuangan yang terakhir yaitu pengaturan modal kerja. Modal kerja perusahaan biasanya diikuti oleh anggaran operasional, aktiva lancar, gaji, dan arus kas. Sehingga, manajemen keuangan bisa mengetahui besarnya keuangan yang dimiliki perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *